Selasa, 15 November 2011

Sejarah Kotak Surat

Kita pasti tahu kotak surat, namun mungkin banyak dari kita yang berfikir kotak surat tidak memiliki sejarah sendiri. Ternyata salah benda yang satu ini juga memilki sejarahnya sendiri. Tanggal 27 Oktober 1891, sebuah paten dikeluarkan kepada Philip B Downing, warga Suffolk, Massachuetts, AS untuk pengembangan baru dan berguna terhadap kotak surat jalanan.
Pengembangan pada paten nomor 462.093 tersebut berupa mekanisme penutup pada lubang memasukkan surat yang melindungi surat terhadap tangan jahil atau cuaca buruk. Kotak surat seperti ini relatif tidak berubah hingga zaman modrn sebelum akhirnya surut karena muncul surat elektronik (e-mail).

Kotak surat jalanan diperkirakan dipasang pertama kali di Paris, Perancis pada tahun 1653. Menjelang pertengahan abad ke-19, kotak surat jalanan sudah merupakan kelaziman di seluruh Perancis. Di Inggris dan Amerika Utara, benda ini baru mulai dipergunakan sekitar pertengahan abad ke-19. Kotak pos pertama di Inggris dipasang di Botchergate, Carlisle, pada tahun 1853. Awalnya hijau menjadi warna standar kotak pos era Victoria. Namun menjelang akhir abad ke-19, semua kotak pos di Ingris dicat embali menjadi merah.

Sumber :
Kompas, 27 Oktober 2011

1 komentar:

  1. hy thanks for sharing ! http://www.onnormal.com/tren-model-kaos-distro-2017/

    BalasHapus