Sabtu, 12 November 2011

Manfaat Menjaga Jarak Saat Dijalan

      Saat berkendara di jalan raya, kecelakaan adalah hal sebisa mungkin kita hindari. Jika terjadi kecelakaan, bukan hanya kendaraan kita saja yang rusak tetapi tubuh kita bisa terluka. Jika sudah begitu  kerugian yang ditanggung bukan hanya biaya tetapi juga beban mental bahkan trauma berkepanjangan.
      Maka dari itu saat berkendara kita harus lebih waspada dan tentunya juga menjaga jarak. Karena salah satu penyebab kecelakaan adalah akibat jarak kendaraan yang terlalu dekat. Apalagi jika ternyata rem blong atu mungkin kurang pakem. Oleh karena itu Anda harus memperhitungkan jarak aman dengan kendaraan lain, dengan begitu pengendara bisa mengambil langkah antisipasi dan lebih sigap jika ada kejadian tak terduga.
      Jika kendaraan melaju dengan kecepatan 50km/jam dari jarak sekitar 50 meter kurangilah kecepatan. Atau jarak aman minimal 5 meter atau 10 persen dari angka kecepatan. Jarak aman juga tergantung kondisi jalan. Seperti saat hujan rentang jarak aman antar kendaraan juga harus lebih panjang.
      Saat akan mendahului berikan isyarat untuk penegendara lain. Dan jika ingin berpindah jalur pastikan kondisi di depan dan belakang kendaraan aman. Dengan begitu kita akan terhindar dari kecelakaan.

Sumber:
Kompas, 11 November 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar