Sabtu, 12 November 2011

Alternatif Belajar Sejarah

     Belajar sejarah biasanya kita lakukan dengan membaca buku atau mungkin pergi mengunjungi museum. Namun ternyata masih ada cara lain yang lebih menyenangkan yaitu kita bisa pergi ke restoran yang menyajikan suasana sejarah. Salah satunya adalah Inggil Museum Resto yang terletak di jalan Gajah Mada 4 Malang.  Restoran ini memilki konsep yang unik karena menggabungkan konsep rumah dan museum.

    Keunikan ini ditunjang dengan lokasinya yang sangat strategis di pusat kota, hanya berjarak sekitar 100 meter dari alun-alun tigu dan berada satu kompleks dengan gedung-gedung berniali sejarah. bahkan hanya berjarak sekitar 300 meter dengan stasiun Kota Baru Kota Malang yang juga merupakan bangunan peniggalan kolonial Belanda.
   
     Interior restoran ini cukup menarik. Di ruang teras dan ruang tengah tertempel foto-foto bangunan tempo dulu Kota Malang sekitar tahun 1900. Pengunjung juga bisa melihat berbagai foto danb dokumen peristiwa Malang Bumi Hangus dan Kongres KNIP yang digelar di Gedung Concordia yang kini menjadi pertokoan Sarinah.

     Ada juga foto peresmian tugu di alun-alun bunder oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1953. Masuk ke ruang belakang pada depan pintu, pengunjung disambut dengan puluhan Topeng Malangan. Di sisi kiri terpajang foto-foto dan lukisan tempo dulu, wayang, keramik, dan numismatik. Berbagi perangko zaman kolonial pun bisa kalian lihat.
     Total ada sekitar 4500 foto tempo dulu diperlihatkan dan sekitar 1500 buah artefak dihadirkan. Sejarah industri tentang batik, rokok, dan kecap. Ada ratusan jenis peninggalan zaman kolonial seperto alat keriting rambut, radio dan mesin tik.
      Restoran ini bisa menjadi salah satu tempat untuk belajar sejarah yang menyenangkan. Kita bisa bersantai sambil menikmati makanan yang tersedia kiya dpat menambah pengetahuan lagi tentang sejarah.


Sumber :
Media Indonesia, 28 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar