Minggu, 27 Maret 2011

Laporan Akhir

Laporan Akhir
Internet Dasar
Nama                    : Risqa Gusfirhanalova
NPM/ Kelas          : 1EB08
Materi Praktikum   : Search Engine dan Blog
Tgl Praktikum        :23 Maret 2011
Tutor                     : Jamaris

  • Sejarah Blog
Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998 Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet. Sementara Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Intinya Blog itu adalah website yang bersifat persolan, yang memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja.

  • Kelebihan Blog 
1. Membuatnya sangat mudah
2. Mendukung javascript, sehingga kita bebas menaruhnya di blog kita. Dan bermanfaat untuk menghias supaya indah dan cantik.
3. Menggunakan bahasa HTML. sehingga mudah di otak-atik bagi orang yang suka dengan bahas pemrograman yang sederhana ini.
4. Mendukung banyak template.
5. Gratis.
6. Navigasi blog sangat mudah dipahami, karena begitu masuk kita disuguhkan tampilan yang sederhana dan juga mudah dipelajari.

  • Kekurangan Blog
1. Rentan terkena virus.
2. Hacker atau spywere.
3. Mudah di salah gunakan.
  •   Cara membuat Blog

1.Setelah selesai silahkan menuju ke alamat ini http://www.blogger.com dan login menggunakan akun google Anda. 
2.Nama pengguna adalah bagian depan alamat email  Anda. 
3.Setelah logged in, klik pada "Ciptakan Blog Anda". 
4.Lanjutkan dengan mengisi Form yang tersedia. 
5.Judul Blog adalah nama yang akan muncul di judul blog saat ada yang mengakses blog Anda. Sedangkan Alamat blog adalah alamat yang akan dituliskan oleh seorang pengunjung saat ingin mengakses blog Anda. 
6.Setelah diisi, klik "Lanjutkan". 
7.Langkah berikutnya adalah memilih Template. Template adalah desain Blog Anda. 
8.Setelah memilih Template, klik "Lanjutkan". 
9.Blog Anda sudah siap dan Anda bisa mulai mengisinya. 
10.Menu posting pertama ini adalah tempat Anda melakukan posting untuk blog Anda. Silahkan diisi dengan judul Posting apa saja untuk membiasakan diri Anda melakukan posting. Setelah itu klik Terbitkan Entry. Anda bisa langsung melihat hasilnya dengan mengetikkan http://namabloganda.blogspot.com

  • Etika nge-Blog
1. Tulislah fakta
2. Hargai Sumber Tulisan
3. Koreksi tulisan Anda
4. Ketahiu batas privasi
5. Beri informasi identitas diri Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar